Find Us On Social Media :

Tewasnya Jenderal Inggris Ini Disebut-sebut Jadi Penyebab Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Siapa Sebenarnya yang Membunuhnya?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 8 November 2021 | 09:25 WIB

Penyebab pertempuran 10 November 1945 di Surabaya adalah peristiwa berikut ini.

Intisari-Online.com – Tanggal 10 November setiap tahun diperingati oleh Bangsa Indonesia sebagai Hari Pahlawan, yang tahun 2021 ini jatuh pada hari Rabu.

Meski bangsa Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaannya, rupanya rongrongan penjajah yang ingin menguasai Indonesia masih saja ‘penasaran’.

Ya, mereka ‘penasaran’ apakah bangsa Indonesia, meski sudah menyatakan diri mereka, masih bisa dikuasai kembali oleh bangsa asing.

Puncaknya inilah yang terjadi pada tanggal 10 November 1945, pertempuran pertama antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November Bisa Melalui Twibbon yang Diunduh, Ketahui Makna dan Filosofi dari Logo Hari Pahlawan 2021 Ini

Tidak hanya itu, pertempuran ini dianggap terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Tak salah, bila usai pertempuran tersebut, dukungan rakyat Indonesia dan dunia internasional terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia pun semakin kuat.

Lalu, apa yang menjadi penyebab pertempuran 10 November 1945 di Surabaya?

Pasukan Sekutu yang memenangkan Perang Dunia II setelah mengalahkan Jepang dengan menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, mendarat pada akhir Oktober 1945 di Surabaya.

Baca Juga: Bukan Tanpa Alasan Bung Karno Tetapkan Mengapa Setiap Tanggal 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan, Peristiwa yang Terjadi pada Tahun 1945 Inilah Jawabannya!